Pengalaman Mengikuti Rekrutmen GPTP Batch XI Telkom

Assalamualaikum..

     Actually, this is my very first time wrote a story like this. But since i got 'a bad news' in this early month (November) *hiks, so i decided to share my experience during GPTP Recruitment Batch XI buat sharing pengalaman dan tips2 yg mungkin bisa diterapkan lah ya. So here we go....

      GPTP merupakan salah satu program rekrutmen Telkom untuk memilih insan-insan terbaik sehingga bisa bergabung membangun Indonesia dibidang digital. Totally, program rekrutmen GPTP ini sudah dilakukan sebanyak 11 batch. Dan GPTP batch XI ini adalah pengalaman ke 3 ku mengikuti proses rekrutmen di Telkom Indonesia. Pertama, GPTP Batch IX (Oktober 2018) job function "Finance", di batch ini aku cuma sampai tahap tes kemampuan akademik online aja. Kedua, GPTP Batch IX juga (November 2018) Job Function "Relationship Management", di batch ini aku juga hanya bisa sampe ditahap tes kemampuan akademik online. Dan yg ketiga, GPTP Batch XI (September 2019) Job Function "Sales", di batch ini alhamdulillah aku sampe ditahap paaaaaliiing akhir yaitu Assesment Days (Interview & MCU) dan gak lolos :( *ini yg paling nyesek sih btw. But life must go on right?

     Proses rekrutment GPTP Batch XI ini berlangsung selama kurang lebih 3 bulan dari tahap administrasi (seleksi berkas) sampai interview.  Tahapan rekrutmennya itu ada beberapa:

 Administrasi. Tahap ini kita diminta untuk upload dokumen2 yang diminta. tapi sebelum itu kita harus buat akun terlebih dahulu diweb https://rekrutmen.telkom.co.id selanjutnya mengisi CV (Data pribadi, Data Keluarga, Pengalaman Kerja, Organisasi, Prestasi, Sertifikasi, Pendidikan Tinggi, English Proficiency, and so on...) dan juga kita akan diminta untuk upload dokumen such as Ijazah, Toefl, KTP dan beberapa dokumen lainnya, oh iya buat yg udah punya pengalaman kerja diwajibkan untuk upload "Surat Keterangan Bekerja" ya..


Tes Kemampuan Akademik/Psikotest Tahap I (Online)
. Jangka waktu pengumuman seleksi administrasi dan tes kemampuan akademik hanya berjarak 10 hari. Jika lulus ditahap administrasi, kita bakalan dapat email untuk tahapan tes selanjutnya. Emailnya kira-kira seperti ini ya, eh tp kita jg bisa liat pengumumannya di  web resmi Telkom sih..


  • Data Confirmation: Ditahap ini kalo gak salah ada 10 soal pengetahuan umum, mis: makanan khas Jogja, icon kota Surabaya, Jakarta, dll. 
  • Tes Kemampuan Dasar: Seperti tes kemampuan dasar lainnya, terdapat beberapa jenis soal, sinonim, antonim, deret, analisa pola gambar. Bedanya adalah soalnya lebih expert dibanding tes kemampuan dasar lainnya menurutku, dan waktunya juga sangat singkat.
  • English Ability Test: Soalnya mirip2 soal Reading Toefl. Kalo gak salah dulu readingnya ada 4 setelah itu ada beberapa soal yang harus dijawab berdasarkan bacaan yg ada, dan durasi pengerjaannya pun singkat. 1 menit 1 soal belum baca soalnya juga butuh waktu hehe.
  • TIPS: Kerjakan soal yg mudah terlebih dahulu supaya menghemat waktu. Setelah itu baru kerjakan soal yg lebih sulit krn penyelesaiannya butuh waktu yg agak lama. Jika waktunya udh hampir habis, periksa kembali jawabannya dan usahakan jgn ada soal yg blm terjawab, krn mereka gak pake sistem minus kok. 

Tes Psikotest Tahap 2. Jangka waktu pengumumannya itu kurleb 2 minggu. Tesnya berlangsung di regional masing-masing selama 1 hari. Tes Psikotestnya sendiri ada beberapa, diantaranya: 


  • Test kemampuan akademik (soalnya mirip2 dengan soal sewaktu tes online, jadi tes kemampuan akademik onlinenya harus dikerjakan sendiri ya, jgn coba2 minta bantuan orang lain krn nanti kita bakalan dites ulang dengan soal yg hampir sama, jadi bakalan ketahuan mana yg ngerjain sendiri atau dibantu org lain )
  • Test Wartegg. dimana akan ada 8 kolom dan tiap kolom terdapat sebuah titik atau garis dan kita diminta menggambar sesuatu dari titik atau garis yg ada di tiap kolom tersebut. 
  • Tes Koran (Pauli)
  • Human Drawing, dan kita diminta mendeskripsikan gambar tersebut, juga kita diminta menuliskan 3 kelebihan dan kekurangan kalian masing-masing dan bakalan ditanyain pas interview, cara ngatasin kekurangan kalian kek gimana. 
  • Tree Drawing, hampir mirip dengan tes gambar orang, kita diminta untuk menggambar pohon apa saja (kecuali pohon pisang, kelapa, pohon yg menjalar). 
  • TIPS: Just be your self. gambarkan sesuai dengan kepribadianmu. Jgn terpengaruh dengan tips2 yg org share di web2. Cukup pelajari apa yg boleh dan tidak boleh dilakukan saat test psikotes. Pohon apa yang boleh dan tidak boleh digambar. Karena jika kalian mengikuti trik2 yg ada kesannya kepribadian kalian dibuat2 padahal tes kepribadian itu untuk menentukan apakah kalian cocok dengan jub function yg dipilih atau gak.

Assesment Days (Medical Check Up/MCU & Interview Panel)Jangka waktu pengumumannya kurleb 2-3 minggu. Untuk regional VII kami yg lolos itu ada 50 orang. Jadi testnya dibagi menjadi 2 sesi. 25 orang per sesi. 

 

  • MCU, Kami diwajibkan puasa malam harinya (jam 22:00). Oh iya, kami jg di minta untuk mengisi form kesehatan yg isinya tentang riwayat penyakit pribadi dan riwayat penyakit orang tua. Beberapa tes yang dilakukan adalah Test HBSAG (2 kali pengambilan sample darah, darah puasa dan darah setelah makan), Rontgen, EKG, Test Pendengaran (Audiometri), Test Fisik (BB, TB, dll), Mata, dan Urin
  • Interview Panel. Sebelum interview, kami diminta untuk menyelesaikan study case (sesuai job function yg dipilih), nah nantinya hasilnya akan dipresentasikan/ dijelaskan didepan interviewer masing2 dan juga kami diminta untuk mengisi form culture fit (budaya perusahaan). Selanjutnya kami akan diinterview oleh HR (Culture Fit) dan Interview User (Bidang) diruangan yg berbeda. HR 2 orang, dan User 1 orang. Yang ditanyakan saat interview culture fit itu seputar pengalaman organisasi, pengalaman kerja, cita2 5 tahun kedepan, skripsi, inovasi, alasan memilih job function sales. Untuk interview user (bidang), yg pertama ditanyakan seputar pengalaman kerja juga, setelah itu jawaban dari study case yg diberikan diawal, sarannya apa dan alasannya kenapa, kebanyakan dikasih wejangan sih. kalo biasanya org interview itu tanya jawab doang like percakapan 1 arah, kalau interview user, setelah menjawab kita bakalan dikasih wejangan dan saran2 kedepannya bagaimana, tapi ini tergantung interviewernya siapa sih. krn temanku yg apply telekomunikasi, mereka diminta untuk ceritain apa aja tentang dirinya, tanpa ditanya ini dan itu.
  • TIPS: Sebelum MCU, lakukan POST MCU agar sblm MCU jadi bakalan ketahuan duluan penyakitnya.

Telkom Dream Challenge (Video), Selang seminggu setelah Assesment Days, kami mendapat email yg isinya tentang Telkom Dream Challenge ini. Kami diminta untuk membuat video, nah dalam video tsb kami diminta untuk menjawab 2 pertanyaan, yaitu (1) Mengapa kami ingin bergabung di Telkom, dan (2) Mengapa Telkom harus memilih kami dalam durasi video selama 3 menit dan ukuran file max 25 MB. Video boleh menggunakan bahasa indonesia namun jika menggunakan bahasa inggris kita akan memperoleh nilai plus.

Proses rekrutmen GPTP Batch XI ini agak berbeda dengan proses rekrutmen di batch-batch sebelumnya ya. Jika di batch2 sebelumnya itu ada FGD (Focus Group Discussion) maka di batch XI ini ditiadakan. Selain itu, untuk tes bidang, di batch ini lebih focus ke analisis dan problem solving sesuai dengan job function masing-masing sedangkan di batch2 sebelumnya tes bidangnya full materi .

 Sedih sih udah sampai tahap paaaaling akhir tapi tau2 dapat email kaya gini:


This is the most heartbreaking mail that i've got in my life. Aku sampai mewek pas baca ternyata gak lolos. Tapi cuma beberapa hari doang sih sedihnya. Aku jadiin motivasi buat diriku. Mungkin aku belum lolos krn job functionnya yang gak sesuai dengan kepribadianku, atau mungkin saja aku emang gak maksimal persiapan sebelum interview. Hitung-hitung bisa dijadikan referensi untuk rekrutmen GPTP selanjutnya.

 

Edit: (May 13 2020)

Saat ini aku lagi nyusun draft yg membahas khusus tentang interview Telkom dan tips-tips seputar interview yang aku rangkum dari Live IG @livingintelkom dan dari HC Career Guideku, yang akan aku publish Soon. Depends on my mood hehe

Komentar

  1. terimakasih atas sharingnya kak....
    semoga sukses untuk perjuangan di kemudian hari..
    Saya minggu depan berjuang nih untuk tahap I di GPTP Batch XII

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih. Aku jg masih ikut rekrutmen gptp barch XII. Hopefully ini jadi yg terakhir kali :')

      Hapus
    2. terima kasih sharing nya ka. saya juga ni sedang menunggu informasi pengumuman gpt batch XII, apakah sudah ada pengumumannya?

      Hapus
    3. belum ada, kalo batch sebelumnya jarak waktu antara tes dengan pengumuman itu 10 hari. jd ditunggu aja, mungkin minggu ini

      Hapus
  2. Mba kalo untuk belajar soal-soal TPAnya biasa dimana Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aky belajar dari soal2 google aja. Sinonim antonim padanan kata. kyk gitu2. kecuali soal deretnya, agak expert sih tp gada contoh2 soalnya digoogle

      Hapus
  3. kak saya ikut GPTP XII, mau nanya test value BUMN itu seperti apa sih? Pertanyan ato saoalnya seperti apa? Mohon bantuannya kakak2

    BalasHapus
  4. ka mau tanya, DI Tahap psikotes tahap 2 itu , peserta diregional kk lolos semua ga ka ke tahap assesment days ? atau ada yang tersisih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yg tersisih kayanya. Kalo ga salah peserta psikotes offline itu ada 70an atau 60an (?) Tp yg lulus ke assesment days cuma 50an

      Hapus
    2. Kak, ini 50 an khusus bidang sales saja atau semua bidang?

      Hapus
  5. Kira kira kalo tidak lolos setelah psikotes tahap 1 ada notifikasi infonya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakalan dapet notif semua kok. by email dan di web jg bisa di cek

      Hapus
  6. Kak, tes psikotes tahap 2 ada bahasa Inggris juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batch lalu sih gaada. cuma belajar aja buat jaga2, siapa tau batch 12 ini beda lagi tahapannya.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Terima kasih. btw sy gak lolos psikotes online batch 12 :(

      Hapus
    2. Semangat kakak pasti ada jalan lain yang terbaik, terimakasih banyak juga sudah berbagi cerita dengan yg lain, semoga sehat selalu kak Suci🌻

      Hapus
  8. Mbak mau nanya utk tes bidang itu dilaksanakannya kapan ya kalo batch tahun lalu? Ketika psikotest offline atau assesment day? Terima kasih mbak

    BalasHapus
  9. mbak mau nanya, untuk tahapan psikotes tahap 2 makan waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 5 jam-an kayanya. krn waktu itu kami mulai jam 7.00 selesainya jam 12-an

      Hapus
  10. mbak mau nanya, untuk tahap psikotes dreescode nya apa ya? apa hitam putih seperti melamar pekerjaan biasanya? atau boleh bebas yg penting rapi seperti mau kuliah? Maaf masih fresh graduate soalnya :)

    BalasHapus
  11. Kak, persentase yg di ambil dr tes psikotes offline brpaan kak? Terimakasih kak

    BalasHapus
  12. Kak, mau nnya dong kak, utk tes offline itu ad sistem plus minus nya ga kak?

    BalasHapus
  13. mba mau bertanya, kan di soal TKD itu kan ada soal matematika, itu kalau mau belajar dimana ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digoogle ada kok, tp gak mirip2 bgt, malah lebih susah. Dan web luar. Gaada web indo yg bahas. CMIIW

      Hapus
  14. Permisi kak mau tanya, untuk tes interviewnya pakai bahasa inggris/ indo ya ?
    Kemudian untuk study case bidang sales seperti apa ya kak soalnya ?
    Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung interviewernya. Ada yg full indo, ada yg mix. Kadang introductionnya pake english.
      Kalo study case salesnya: kitanya diposisikan sbg kepala toko (if im not wrong), trus produk seasonnya masih banyak yg tersimpan digudang, jd dimintain solusi gmn supaya laku. Trus positioning productnya gmn supaya menarik dll

      Hapus
  15. Siang kak, mau nanya kak, misalnya kita dapat pengumuman utk lolos asesment day, jarak pengumuman sama pelaksanaan nya biasanya berapa hari kak? Misalnya ad yg dr luar kota gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jarak waktu antara pengumuman assesment dan jadwal tes itu seminggu kalo berdasarkan gptp batch lalu

      Hapus
  16. Kak itu kan yang lolos ke assesment day kan 50 orang. Itu semua bidang pekerjaan atau khusus sales aja ya? Thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua job function. kt gak tau per function brp orang yg lolos :)

      Hapus
    2. Wah banyak juga ya kak. Tgl 9 kemarin aku tes offline di Jakarta peserta nya banyak banget kira2 1000 orang :(

      Hapus
    3. Btw makasih ya kak sharingnya dan informasinya :)

      Hapus
    4. Banyak krn kan job function yg dibuka ada kurang lebih 10 kan ya (CMIIW), makanya peserta tes offlinenya jg banyak. Batch lalu kan cuma 3 job function

      Hapus
  17. Pas kaka tes dulu berpa job function yang buka kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 3, telecommunication, sales, general affair

      Hapus
  18. Oh ya kak, terimakasih banyak sudah berbagi pengalaman kak, sangat membantu 🙏

    BalasHapus
  19. Saya ga lolos psikotes offline kak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm. Sabar aja. Sy batch 11 smpe tahap akhir. Trus Batch 12 ini cuma smpe psikotes online padahal kalo dipikir2 soalnya sama. Tetap semangat. Belajar lagi, persiaplan diri untum batch selanjutnya 😁

      Hapus
    2. Siaapp kak, pdahal udah maksimal lo rasanya.
      Klo psikotes itu harus bljr juga ya kak?

      Hapus
    3. Kalo dibilang belajar ya ttp belajar sih. Kaya misalmya tree drawing, memang kelihatannya gampang tp ada trik2nya gt.

      Hapus
  20. Ka nanya dong, pas assesment day interview HR dan user kasih gambaran umum nanya apa? Sama bussiness casenya gimanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentang job function yg dilamar. Trus knp pilih jurusan itu. Business casenya sesuai job function. Exp: sales, casenya ttg product placement, atau ttg gmn caranya supaya season productnya yg stocknya masih banyak bisa laku. Nah jwbn kn nnti bakalan ditanyain sm user

      Hapus
  21. Halo kak, mau tanya utk interview sm mcu masi ingetkah durasinya brp lama? Sistemnya mengantri gitu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sistemnya ngantri. Dipanggil 1 per 1. Waktunya antara 30-45 menitan kayanya

      Hapus
  22. kak kira' penyebab gagal nya interview pas saat itu kenapa kak ? kurang pd kah pas njawab ? atau ada kalimat yang salah ucap ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurutku sih krn jawaban kita kurang meyakinkan. atau krn jawaban kt kurang memuaskan bagi interviewer

      Hapus
  23. Mbak mau tanya, saat Assesment Day, ada tanda tangan dokumen pakai materai gitu ngga mba?
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maafin baru bales ya.
      iya, ada dokumen yg ditandatangani. isinya itu tentang denda kalalu suatu saat kita mengundurkan diri selama ikatan dinas

      Hapus
  24. Terima kasih atas sharingnya, semoga menjadi kebaikan Kaka yg terus mengalir. Sukses selalu, Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo:)
      Terima kasih doanya. Sukses selalu buat kamu juga ya:)

      Hapus
  25. Balasan
    1. kabarnya sih dekat2 ini bakal buka. tapi batas umur pendaftarannya sedikit berubah untuk thn ini; <24 tahun :)

      Hapus
  26. permisi ka, mau nanya, untuk psikotes online itu isinya apa saja ya?

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar